Resume Perkuliahan "Menentukan Bauran Promosi"

"MENENTUKAN BAURAN PROMOSI"

   Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.

A. Periklanan (Advertising)
   Periklanan merupakan segala biaya yang harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi non pribadi dalam bentuk gagasan, barang, atau jasa, dan ini yang paling sering digunakan  pada promosi, contohnya, melalui media cetak dan media elektronik, dan Iklan merupakan promosi yang banyak digunakan serta dalam melakukan periklanan harus jelas tujuannnya.
Keputusan penting dalam periklanan:
1. Menetapkan Tujuan
 -memberi informasi
 -membujuk
 -mengingatkan
2. Menetapkan anggaran periklanan
3. Strategi Iklan
4. Evaluasi periklanan (efektif atau tidak sebuah iklan dengan memperhatikan rating media)
5. Mengorganisasi periklanan.

B. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
   Promosi penjualan merupakan Insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian/ penjualan dari suatu produk atau jasa.
Keputusan penting dalam promosi penjualan:
1. Menentukan tujuan promosi
2. Menyeleksi alat-alat promosi penjualan
3. Menyusun program promosi penjualan
4. Melaksanakan pra pengujian terhadap program promosi penjualan
5. Melaksanakan dan mengendalikan program promosi penjualan
6. Evaluasi hasil penjualan, meliputi barang, lokasi personil, dan sebagainya.

C. Hubungan Masyarakat (Public Relation)
   Hubungan masyarakat adalah membangun hubungan yang baik dengan berbagai publik perusahaan. Untuk mencapai publisitas yang menguntungkan, membangun citra koorporasi, dan menangani rumor yang tidak menguntungkan.
Keputusan penting dalam hubungan masyarakat:
1. Menetapkan tujuan hubungan masyarakat
2. Memilih wahana masyarakat dan pesan
3. Mengimplementasi evaluasi
4. Evaluasi

D. Personal Selling
   Personal selling adalah penjualan yang menggunakan kekuatan personal agar orang/customer dapat membeli produk yang dijual atau mempengaruhi seseorang untuk membeli suatu produk.

Komentar

Postingan Populer