Analisis Bauran Promosi "DUNIA FANTASI ANCOL"
Nama :
Rahma Yulida
NIM :
1445120035
Jurusan :
Manajemen Pendidikan 2012 A
Ø Sejarah
Dunia Fantasi atau disebut
juga Dufan (juga disebut
"Do Fun") yang
diresmikan pada 29 Agustus 1985 adalah tempat hiburan yang terletak di
kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol taman impian), Jakarta Utara, Indonesia.
Dunia Fantasi mempunyai maskot berupa kera bekantan yang diberi nama Dufan (singkatan dari
Dunia Fantasi). Dipilih kera sebagai karakter adalah untuk mengingatkan bahwa Ancol dahulu adalah kawasan kera. Pemilihan kera
bekantan adalah semata-mata untuk mengenalkan jenis satwa langka yang kini
dilindungi. Bentuk karikatural kera bekantan ini divisualisasikan oleh Matari Advertising yang ikut serta dalam program
komunikasi awal Dunia Fantasi.
Dufan merupakan pusat hiburan outdoor terbesar di Indonesia
yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling
Dunia, melalui berbagai content wahana permainan berteknologi tinggi, yang
terbagi dalam 8 kawasan, yaitu: Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika,
Yunani, Hikayat dan Balada Kera. Perseroan juga menjadikan Dufan sebagai salah
satu pusat edutainment yang ada di Ancol yakni dengan dibukanya Fisika Dunia
Fantasi (Fidufa) dan Pentas Prestasi. Dufan telah memiliki sertifikat ISO
9001:2008 sejak 2009.
Ø Fasilitas
Fasilitas
yang tersedia di Dufan sangatlah lengkap, diantara lain:
- Telepon
Umum
- PPPK
- Toilet
- Acara khusus
- Kursi Roda
- Parade
- Mushola
- Fasttrack
- Club Dufan & Lounge
Analisis Bauran Promosi
Ø Periklanan
Dalam periklanan, Dunia Fantasi menggunakan media
yang bervariasi yaitu melalui media elektronik seperti televisi, radio, media
cetak seperti koran dan majalah serta media sosial seperti twitter, facebook
dan instagram. Tentu saja iklan di televisi sangat mendominasi, setiap orang
pasti ingat dengan lagu soundtrack iklan Dufan “Di Taman Impian Jaya Ancol,
Fantasi” . Dalam periklanan Dufan mempunyai tujuan membujuk setiap orang untuk
bergembira, menghabiskan liburan di Dunia Fantasi. Dalam iklan juga tedapat
informasi-informasi mengenai wahana baru yang bisa dinikmati oleh pengunjung
sehingga menarik perhatian orang yang melihat iklan tersebut.
Ø Promosi
penjualan (Sales promotion)
Seperti yang
telah diketahui banyak orang, Dufan adalah tempat hiburan yang sangat sering
memberikan promo, seperti Pada masa liburan sekolah, Promo pelajar, pada hari
ulang tahun Dufan maupun adanya wahana baru. Promosi dilakukan dengan cara memberikan
potongan harga, hadiah, undangan gratis pada lembaga tertentu. Dufan juga
memberikan promo yang dinamakan Annual Pass dengan harga Rp 250.000 pengunjung
dapat puas main ke Dufan selama satu tahun penuh. Promosi dilakukan melalui
media cetak, elektronik dan media sosial seperti melalui brosur, iklan televisi
maupun melalui instagram.
Ø Hubungan Masyarakat
Hal
terpenting yang senantiasa menjadi concern PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk sejak
didirikan adalah menjaga hubungan baik dengan para stakeholder. Terus
berinteraksi dan tumbuh bersama para pelanggan, pemegang saham, investor,
karyawan, pemasok, pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan warga
sekitar perusahaan, sudah menjadi tekad Ancol.
Sebagai perusahaan yang memiliki kepedulian, Ancol selalu mencoba untuk memberikan yang terbaik bagi lingkungan sekitarnya dan telah mengimplementasikan tanggung jawab sosial perusahaan / Corporate Social Responsibility (CSR) secara nyata untuk tumbuh -kembangnya hubungan harmonis dengan masyarakat dan berpartisipasi secara aktif dalam percepatan pembangunan masyarakat melalui kegiatan income generate, pendidikan dan penghijauan sebagai salah satu pilar menuju Ancol Green Company yang menerapkan budaya perusahaan ramah lingkungan.
Program
CSR Ancol terdiri dari 5 program utama yang meliputi Program Pendidikan,
Program Pengelolaan Lingkungan, Program Sosial Kemasyarakatan, Kegiatan
Operasional dan Program Tanggap Darurat. Seluruh program CSR ini berjalan
secara bersamaan dan berkesinambungan. Ada banyak program CSR yang telah
berjalan dan dikembangkan, antara lain Program ANCOL SAYANG LINGKUNGAN (ASL),
SEKOLAH RAKYAT ANCOL (SRA) dan TEENS GO GREEN.
Ø
Personal
Selling (Penjualan Pribadi)
Dalam
memasarkan jasa Dufan jarang menggunakan personal selling karena promosi
dilakukan dengan menggunakan berbagai media. Beberapa waktu dulu, banyak
karyawan Dufan yang bertugas untuk memasarkan Dufan ke lembaga-lembaga
pendidikan tetapi saat ini telah jarang dijumpai.
Kesimpulan analisis
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image007.gif)
.
Komentar
Posting Komentar