Analisis Bauran Promosi "DUNIA FANTASI ANCOL"

Nama        : Rahma Yulida
NIM          : 1445120035
Jurusan    : Manajemen Pendidikan 2012 A

DUNIA FANTASI ANCOL

Ø  Sejarah
Dunia Fantasi atau disebut juga Dufan (juga disebut "Do Fun") yang diresmikan pada 29 Agustus 1985 adalah tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol taman impian), Jakarta Utara, Indonesia.
Dunia Fantasi mempunyai maskot berupa kera bekantan yang diberi nama Dufan (singkatan dari Dunia Fantasi). Dipilih kera sebagai karakter adalah untuk mengingatkan bahwa Ancol dahulu adalah kawasan kera. Pemilihan kera bekantan adalah semata-mata untuk mengenalkan jenis satwa langka yang kini dilindungi. Bentuk karikatural kera bekantan ini divisualisasikan oleh Matari Advertising yang ikut serta dalam program komunikasi awal Dunia Fantasi.
Dufan merupakan pusat hiburan outdoor terbesar di Indonesia yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia, melalui berbagai content wahana permainan berteknologi tinggi, yang terbagi dalam 8 kawasan, yaitu: Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat dan Balada Kera. Perseroan juga menjadikan Dufan sebagai salah satu pusat edutainment yang ada di Ancol yakni dengan dibukanya Fisika Dunia Fantasi (Fidufa) dan Pentas Prestasi. Dufan telah memiliki sertifikat ISO 9001:2008 sejak 2009.
Ø  Fasilitas
Fasilitas yang tersedia di Dufan sangatlah lengkap, diantara lain:
  1. Telepon Umum
  2. PPPK
  3. Toilet
  4. Acara khusus
  5. Kursi Roda
  6. Parade
  7. Mushola
  8. Fasttrack
  9. Club Dufan & Lounge
Analisis Bauran Promosi
Ø  Periklanan
Dalam periklanan, Dunia Fantasi menggunakan media yang bervariasi yaitu melalui media elektronik seperti televisi, radio, media cetak seperti koran dan majalah serta media sosial seperti twitter, facebook dan instagram. Tentu saja iklan di televisi sangat mendominasi, setiap orang pasti ingat dengan lagu soundtrack iklan Dufan “Di Taman Impian Jaya Ancol, Fantasi” . Dalam periklanan Dufan mempunyai tujuan membujuk setiap orang untuk bergembira, menghabiskan liburan di Dunia Fantasi. Dalam iklan juga tedapat informasi-informasi mengenai wahana baru yang bisa dinikmati oleh pengunjung sehingga menarik perhatian orang yang melihat iklan tersebut.

Ø  Promosi penjualan (Sales promotion)
Seperti yang telah diketahui banyak orang, Dufan adalah tempat hiburan yang sangat sering memberikan promo, seperti Pada masa liburan sekolah, Promo pelajar, pada hari ulang tahun Dufan maupun adanya wahana baru. Promosi dilakukan dengan cara memberikan potongan harga, hadiah, undangan gratis pada lembaga tertentu. Dufan juga memberikan promo yang dinamakan Annual Pass dengan harga Rp 250.000 pengunjung dapat puas main ke Dufan selama satu tahun penuh. Promosi dilakukan melalui media cetak, elektronik dan media sosial seperti melalui brosur, iklan televisi maupun melalui instagram.


Ø  Hubungan Masyarakat
Hal terpenting yang senantiasa menjadi concern PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk sejak didirikan adalah menjaga hubungan baik dengan para stakeholder. Terus berinteraksi dan tumbuh bersama para pelanggan, pemegang saham, investor, karyawan, pemasok, pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan warga sekitar perusahaan, sudah menjadi tekad Ancol.

Sebagai perusahaan yang memiliki kepedulian, Ancol selalu mencoba untuk memberikan yang terbaik bagi lingkungan sekitarnya dan telah mengimplementasikan tanggung jawab sosial perusahaan / Corporate Social Responsibility (CSR) secara nyata untuk tumbuh -kembangnya hubungan harmonis dengan masyarakat dan berpartisipasi secara aktif dalam percepatan pembangunan masyarakat melalui kegiatan income generate, pendidikan dan penghijauan sebagai salah satu pilar menuju Ancol Green Company yang menerapkan budaya perusahaan ramah lingkungan.
Program CSR Ancol terdiri dari 5 program utama yang meliputi Program Pendidikan, Program Pengelolaan Lingkungan, Program Sosial Kemasyarakatan, Kegiatan Operasional dan Program Tanggap Darurat. Seluruh program CSR ini berjalan secara bersamaan dan berkesinambungan. Ada banyak program CSR yang telah berjalan dan dikembangkan, antara lain Program ANCOL SAYANG LINGKUNGAN (ASL), SEKOLAH RAKYAT ANCOL (SRA) dan TEENS GO GREEN.

Ø  Personal Selling (Penjualan Pribadi)
Dalam memasarkan jasa Dufan jarang menggunakan personal selling karena promosi dilakukan dengan menggunakan berbagai media. Beberapa waktu dulu, banyak karyawan Dufan yang bertugas untuk memasarkan Dufan ke lembaga-lembaga pendidikan tetapi saat ini telah jarang dijumpai.

Kesimpulan analisis
      Dunia Fantasi merupakan salah satu tempat hiburan yang sangat digemari oleh warga Indonesia, khususnya Jakarta untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga maupun teman. Pengunjung Dunia Fantasi berasal dari berbagai latar belakang usia. Menurut saya, promo yang diberikan Dufan sangatlah diharapkan bagi banyak masyarkat. Fasilitas, suasana yang diberikan Dufan memang cocok untuk masyarakat Jakarta yang butuh banyak hiburan dikarenakan rutinitas yang membuat jenuh sehingga meskipun iklan Dufan telah jarang ditemui, masyarakat tetap merindukan Dunia Fantasi Ancol.
 
   
    Berikut foto saya dan teman MP 2012 di DUFAN.



.

Komentar

Postingan Populer