Laporan Outing Class

“LAPORAN OUTING CLASS”
RM BEBEK KALEYO RAWAMANGUN
Mata Kuliah    : Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Nama              : Rahma Yulida
NIM                 : 1445120035
Jurusan           : Manajemen Pendidikan 2012 A

Pada Hari Senin, 12 Mei 2014 pukul 11.00-13.00 mahasiswa Manajemen Pendidikan 2012 A mengadakan outingclass R.M Bebek Kaleyo Jalan Pemuda no. 290-Rawamangun untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Kami mewawancarai Pak Joko selaku Manajer Area Bebek Kaleyo. Berikut hasil wawancara:
·         Brand
Kaleyo berasal dari bahasa jawa dan terdiri 2 suku kata yaitu Kale yang artinya 2 atau kembali dan Ayo yang artinya mengajak. Jadi maksudnya adalah “Mengajak Untuk Datang Lagi.”
·         Perjalanan Bisnis
Awal mulanya 2 Pasangan suami istri yaitu Pak Hendri dan Bu Venti serta Pak Paulus dan Bu Rini mencoba untuk membuka Rumah makan dengan resep tradisional dan tentunya rasa enak yang sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Awalnya resep tersebut di coba secara bertahap dengan mengambil survey dari tetangga sekitar. Rumah Makan Bebek Kaleyo Rawamangun berdiri pada tgl 15 Januari 2007 dengan R.M pertama di Cempaka Putih yang buka setiap jam 06.00 sore-11.00 malam. R.M ini masih bersifat keluarga manajemen bukan perusahaan perorangan. Saat ini R.M Bebek Kaleyo telah membuka 12 cabang yaitu:
  1. Cempaka Putih (1), Jakarta Timur. Warung makan pertama yang dibuat dengan dengan system tenda dan masih sangat tradisional.
  2. Rawamangun, Jakarta Timur. Sebelumnya berada di jalan Waru yang kemudian bermindak ke jalan Pemuda hingga saat ini.
  3. Sunter, Jakarta Utara.
  4. Buaran, Jakarta Timur.
  5. Bumi Serpong Damai,Tangerang.
  6. Tebet, Jakarta Selatan.
  7. Harapan Indah, Bekasi.
  8. Cempaka Putih (8), Jakarta Timur. Tempatnya berdekatan dengan cabang yang pertama, hanya saja sudah lebih modern karena didalam ruko.
  9. Jatiwaringin, Jakarta Timur.
  10. Bintaro, Jakarta Selatan.
  11. Kalimalang, Jakarta Timur.
  12. Daan Mogot, Jakarta Barat
R.M Kaleyo memilih promosi dengan metode “mulut ke mulut”, artinya R.M ini sangat mengandalkan kepuasan pelanggan sehingga diperlukan pelayanan yang ekstra bagi pelanggan agar para pelanggan dapat menyebarluaskan kepuasan yang didapatkan setelah makan di R.M Bebek Kaleyo.
Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan, R.M Bebek Kaleyo menempatkan sticker yang berisi No Tlp Kritik dan Saran diberbagai sudut sehingga jika pelanggan kurang puas dengan pelayanan dapat langsung disampaikan.
R.M Bebek Kaleyo adalah Bisnis Keluarga, tidak waralaba dikarenakan untuk menjaga kesamaan kualitas dan cita rasa di masing-masing cabang, karena apabila diwaralaba ditakutkan terdapat perbedaan cara memasak yang dapat berakibat buruk bagi R.M Bebek Kaleyo.

R.M Bebek Kakeyo juga memiliki fasilitas live musik dari pengamen yang di seleksi oleh RM Bebek Kaleyo. Dan untuk pelayanan dari karyawannya, RM Bebek Kaleyo memiliki pusat Training dicabang Jatiwaringin. Karyawan yang akan bertugas sebelumnya di training selama 3-4 hari, setelah itu baru dikirimkan ke outlet yang membutuhkan.

Komentar

Postingan Populer