Laporan Outing Class
“LAPORAN
OUTING CLASS”
RM
BEBEK KALEYO RAWAMANGUN
Mata
Kuliah : Manajemen Pemasaran Jasa
Pendidikan
Nama :
Rahma Yulida
NIM : 1445120035
Jurusan : Manajemen Pendidikan 2012 A
Pada
Hari Senin, 12 Mei 2014 pukul 11.00-13.00 mahasiswa Manajemen Pendidikan 2012 A
mengadakan outingclass R.M Bebek Kaleyo Jalan Pemuda no. 290-Rawamangun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Kami mewawancarai Pak Joko selaku Manajer
Area Bebek Kaleyo. Berikut hasil wawancara:
·
Brand
Kaleyo berasal dari bahasa jawa dan terdiri 2 suku kata yaitu
Kale yang artinya 2 atau kembali dan Ayo yang artinya mengajak. Jadi maksudnya adalah “Mengajak
Untuk Datang Lagi.”
·
Perjalanan
Bisnis
Awal mulanya 2 Pasangan suami istri yaitu Pak
Hendri dan Bu Venti serta Pak Paulus dan Bu Rini mencoba untuk membuka Rumah
makan dengan resep tradisional dan tentunya rasa enak yang sesuai dengan selera
masyarakat Indonesia. Awalnya resep tersebut di coba secara bertahap dengan
mengambil survey dari tetangga sekitar. Rumah Makan Bebek Kaleyo Rawamangun berdiri pada tgl
15 Januari 2007 dengan R.M pertama di Cempaka Putih yang buka setiap
jam 06.00 sore-11.00 malam. R.M ini masih bersifat keluarga manajemen bukan perusahaan
perorangan. Saat ini R.M Bebek Kaleyo telah membuka 12 cabang yaitu:
- Cempaka Putih (1), Jakarta Timur. Warung makan pertama yang dibuat dengan
dengan system tenda dan masih sangat tradisional.
- Rawamangun, Jakarta Timur. Sebelumnya berada di jalan Waru yang kemudian bermindak ke jalan
Pemuda hingga saat ini.
- Sunter, Jakarta Utara.
- Buaran, Jakarta Timur.
- Bumi Serpong Damai,Tangerang.
- Tebet, Jakarta Selatan.
- Harapan Indah, Bekasi.
- Cempaka Putih (8), Jakarta Timur. Tempatnya berdekatan dengan cabang yang
pertama, hanya saja sudah lebih modern karena didalam ruko.
- Jatiwaringin, Jakarta Timur.
- Bintaro, Jakarta Selatan.
- Kalimalang, Jakarta Timur.
- Daan Mogot, Jakarta Barat
R.M Kaleyo memilih promosi dengan metode “mulut
ke mulut”, artinya R.M ini sangat mengandalkan kepuasan pelanggan sehingga
diperlukan pelayanan yang ekstra bagi pelanggan agar para pelanggan dapat
menyebarluaskan kepuasan yang didapatkan setelah makan di R.M Bebek Kaleyo.
Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan, R.M Bebek Kaleyo
menempatkan sticker yang berisi No Tlp Kritik dan Saran diberbagai sudut
sehingga jika pelanggan kurang puas dengan pelayanan dapat langsung
disampaikan.
R.M Bebek Kaleyo adalah Bisnis
Keluarga, tidak waralaba dikarenakan untuk menjaga kesamaan kualitas dan cita
rasa di masing-masing cabang, karena apabila diwaralaba ditakutkan terdapat
perbedaan cara memasak yang dapat berakibat buruk bagi R.M Bebek Kaleyo.
R.M Bebek Kakeyo juga memiliki fasilitas live musik dari
pengamen yang di seleksi oleh RM Bebek Kaleyo. Dan untuk pelayanan dari
karyawannya, RM Bebek Kaleyo memiliki pusat Training dicabang
Jatiwaringin.
Karyawan yang akan bertugas sebelumnya di training selama 3-4 hari, setelah itu
baru dikirimkan ke outlet yang membutuhkan.
Komentar
Posting Komentar