Konsep Dasar Manajemen Pemasaran

Nama              : Rahma Yulida
NIM                 : 1445120035
Jurusan         : Manajemen Pendidikan 2012 A


Assalamualaikum..
          Pertemuan kedua Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Jasa, hari Senin tanggal 17 Februari 2014. Materi disampaikan oleh Dosen kami yang bernama Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd. Berikut resuma perkuliahan dengan bahasan:

“Konsep Dasar Manajemen Pemasaran”

Why marketing Study???
  •       Many Factor contribute to making a business successful (Strongly costumer focuses and heavily commited to marketing).
  •       They motivate everyone in the organization to produce superior value for their costumer, leading to high levels of costumer satisfaction.


What is marketing???
  •         A social and managerial process by which individual and groups obtain what the need and want through creating and exchanging products and value with others.

                Dalam sudut pandang sosial pemasaran didefinisikan sebagai sebuah proses sosial yang dimana dengan proses itu individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan iinginkan dengan cara menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain. Sedangkan manajemen pemasaran dari sudut pandang manajerial didefiniskan oleh Peter Drucker (Kotler:10) bahwa tujuan pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya mampu menjual dirinya sendiri.


Bila kita berbicara tentang marketing atau pemasaran, tentu kita akan bertanya “apa” yang akan di pasarkan. Jawabannya adalah “produk”.

Product : Anything that can be offered to a market for attention, use, or consumtion that might satisfy a want or need it includes physical objects, services, persons, places, organizations and ideas.

Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan. Produk yang ditawarkan tersebut meliputi barang fisik (seperti sepeda motor, komputer, TV, buku teks), jasa (restoran, penginapan, transportasi), orang atau pribadi (Madonna, Tom Hanks, Michael Jordan), tempat (Pantai Kuta, Danau Toba), organisasi (Ikatan Akuntan Indonesia, Pramuka, PBB), dan ide (Keluarga Berencana). Jadi, produk bisa berupa manfaat tangible maupun intangible yang dapat memuaskan pelanggan.

Terdapat 6 (enam) konsep Marketing :
  • Value (Nilai)
  • Satisfaction (Kepuasan)
  • Quality (Kualitas)
  • Exchange (Pertukaran)
  • Transaction (Tawar Menawar)
  • Relationship (Hubungan)
Filosofi Marketing :

  • Production Concept (Konsep produk yang dapat dibeli dimana-mana, bersifat mudah untuk didapatkan)
  • Product Concept (Konsep produk yang eksklusif, bersifat sulit untuk didapatkan)
  • Selling Concept (Konsumen akan membeli jika melihat iklan atau promosi)
  • Maketing Consept (Konsep pemasaran yang menyangkut "What, Where, Whom, When, Why, dan How)
  • Societal Marketing Concept ( Yaitu konsep yang membahas tentang efek positif akan produk yang telah terjualkan).

Sekian resume perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa, semoga bermanfaat bagi pembaca.
Terima Kasih,
Wassalam..







Komentar

Postingan Populer