Marketing Mix
Assalamualaikum..
Pertemuan kelima Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Jasa, hari Senin tanggal 10 Maret 2014. Materi disampaikan oleh Dosen kami yang bernama Amril Muhammad, S.E, M.Pd. Berikut resuma perkuliahan dengan bahasan:
"Marketing Mix"
Marketing Mix is the tools available to a bussiness to gain the reaction it is seeing from its target market in relation to its marketing objectives. Pengertian Marketing Mix adalah alat yang sesuai untuk sebuah bisnis guna mendapatkan reaksi dari target pasar dalam kaitannya dengan tujuan pemasaran.
Adapun komponen yang terlibat dalam bauran pemasaran (Marketing Mix) :
1. Product. The product is the actual item that a consumen purchases, including the packaging, image, guarantee dand after sales service. Saat menentukan produk, hal-hal yang harus diperhatikan adalah:
- Design (desain)
- Technology (teknologi)
- Usefulness (kemamaatan)
- Convenience (kelengkapan)
- Value (nilai)
- Quality (kualitas)
- Packaging (kemasan)
- Branding (Merk)
- Accessories (aksesoris yang mendukung)
- Warranties (garansi)
2. Price. The amount consumers are prepared to pay for a product or service. what is the best Price for a Product??
- Charging the right price is very important part of the marketing mix.
- How much you charge will depend on.
3. Place. This is the route that products take to reach the consumer. Tempat terdiri dari retail, wholesale, mail order, internet, direct sales, peer to peer. Metodenya yaitu : toko, cash and carry, market stall, tv-shopping, internet, majalah / koran, mail order, direct mail, factory shop.
Rute dari distribusi terbagi 3, yaitu :
- Manufaktur > whole saler > retailer > costumer.
- Manufaktur > retailer > costumer.
- Manufaktur > costumer.
4. Promosi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menarik perhatian konsumen untuk barang dan jasa sehingga ingin membeli. Promosi terdiri dari iklan, special offers, recomment, poster, hadiah.
Tujuan dari promosi yaitu :
- Pemesanan dari costumer
- Informasi untuk costumer
- Mengingat costumer.
Komentar
Posting Komentar