Analisis Lingkungan Pemasaran
Nama : Rahma Yulida
NIM : 1445120035
Jurusan : Manajemen Pendidikan 2012 A
Assalamualaikum..
Pertemuan ketiga Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Jasa, hari Senin tanggal 24 Februari 2014. Materi disampaikan oleh Dosen kami yang bernama Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd. Berikut resuma perkuliahan dengan bahasan:
"Analisis Lingkungan Pemasaran"
Pendahuluan :
Marketing Environment
- The Actors and the forces outside marketing that affect marketing management's ability to develop in maintain successful transaction with its target costumers.
- Microenvironment and Macroenvironment.
1. Microenvironment
- The forces close to the company that affect its ability to serve its target costumers.
- The company itself, suppliers, market channel firms, costumer markets, competitors and public.
2. Macroenvironment
- The large societal forces that affect the whole microenvironment.
- Demograpic, economic, natural, technological, political and cultural forces.
Pembahasan :
Lingkungan Pemasaran suatu
Perusahaan dirumuskan :
Terdiri dari para pelaku dan kekuatan-kekuatan yang berasal
dari fungsi manajemen pemasaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuan
manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang
sukses dengan para pelanggan sasarannya.
Lingkungan Pemasaran dibedakan menjadi 2 (dua) :
1. Lingkungan Mikro
è
terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang
langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk
melayani pasar.
- Perusahaan. Manajemen pemasaran harus bekerjasama dengan kelompok-kelompok lainnya dalam perusahaan untuk merancang dan melaksanakan rencana-rencana pemasarannya.
- Pemasok (supplier) adalah : perusahaan-perusahaan dan individu yang menyediakan sumberdaya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa tertentu.
- Pelanggan. Perusahaan menyediakan produk (barang dan jasa) kepada pasar sasarannya.
- Pesaing. Perlu diidentifikasi, dimonitor dan dikalahkan untuk memperoleh dan memeprtahankan kesetiaan pelanggan kepada perusahaan yang bersangkutan. Cara terbaik bagi suatu perusahaan untuk menguasai atau memenangkan persaingan adalah : dengan mengambil sudut pandangan pelanggan
- Masyarakat Umum. kelompok yang mempunyai minat nyata atau yang masih terpendam atau yang memberikan dampak terhadap kemampuan organisasi untuk mencapai sasaran-sasaranya.
2. Lingkungan Makro
Lingkungan Kependudukan
Para pemasar sangat berkepentingan pada :
- Besarnya penduduk dunia,
- Distribusi secara geografis,
- Tingkat kepadatan penduduk,
- Kecenderungan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain,
- Distribusi usia,
- Kelahiran,
- Perkawinan,
- Tingkat kematian,
- Ras,
- Suku bangsa,
- Struktur Keagamaan.
Lingkungan Ekonomi
Para pemasar perlu menyadari empat kecenderungan dalam lingkungan ekonomi,
yaitu :
- Pendapatan
- Inflasi
- Tabungan kecil dan hutang membengkak
- Pola pengeluaran konsumen
Lingkungan Fisik
Para pemasar perlu menyadari ancaman-ancaman dan peluang yang berkaitan
dengan keempat kecenderungan besar dalam lingkungan fisik, yaitu :
- Kekurangan bahan mentah tertentu di masa datang
- Peningkatan biaya energi
- Kenaikan tingkat penceraman
- Campur tangan pemerintah yang kuat dalam Sumber Daya Alam
Lingkungan Teknologi
Kekuatan yang paling dramatis yang membentuk nasib
manusia adalah teknologi, karena teknologi telah menghasilkan :
- Karya yang mengagumkan (contoh : Pembedah jantung),
- Sesuatu yang mengerikan (contoh : bom hydrogen, senapan otomatis),
- Berkah (contoh : mobil, video)
Lingkungan Politik/Hukum
Keputusan-keputusan pemasaran sangat dipengaruhi
oleh perkembangan dalam lingkungan
politik/hokum. Lingkungan ini
terbetuk oleh :
- hukum-hukum,
- lembaga pemerintah,
- kelompok penentang.
d Lingkungan
Sosial/Budaya
Beberapa ciri kebudayaan dan kecenderungan minat mereka terhadap pemasar:
Nilai-nilai
budaya pokok bertahan kuat, Setiap budaya mempunyai sub-budaya, Nilai-nilai
budaya sekunder berubah dari waktu ke waktu.
Sekian resume perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa, semoga bermanfaat bagi pembaca.
Terima Kasih,
Wassalam..
Komentar
Posting Komentar