Analisis Lingkungan Pemasaran

Nama              : Rahma Yulida
NIM                 : 1445120035
Jurusan         : Manajemen Pendidikan 2012 A


Assalamualaikum..
          Pertemuan ketiga Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Jasa, hari Senin tanggal 24 Februari 2014. Materi disampaikan oleh Dosen kami yang bernama Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd. Berikut resuma perkuliahan dengan bahasan:

"Analisis Lingkungan Pemasaran"

Pendahuluan :

Marketing Environment
  • The Actors and the forces outside marketing that affect marketing management's ability to develop in maintain successful transaction with its target costumers.
  • Microenvironment and Macroenvironment.
1. Microenvironment
  • The forces close to the company that affect its ability to serve its target costumers.
  • The company itself, suppliers, market channel firms, costumer markets, competitors and public.
2. Macroenvironment
  • The large societal forces that affect the whole microenvironment.
  • Demograpic, economic, natural, technological, political and cultural forces.
Pembahasan :

Lingkungan Pemasaran suatu Perusahaan dirumuskan :

               Terdiri dari para pelaku dan kekuatan-kekuatan yang berasal dari fungsi manajemen pemasaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses dengan para pelanggan sasarannya.

Lingkungan Pemasaran dibedakan menjadi 2 (dua) :

1.   Lingkungan Mikro
 è terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar.
  • Perusahaan. Manajemen pemasaran harus bekerjasama dengan kelompok-kelompok lainnya dalam perusahaan untuk merancang dan melaksanakan rencana-rencana pemasarannya.
  • Pemasok (supplier) adalah : perusahaan-perusahaan dan individu yang menyediakan sumberdaya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa tertentu.
  • Pelanggan. Perusahaan menyediakan produk (barang dan jasa) kepada pasar sasarannya. 
  • Pesaing. Perlu diidentifikasi, dimonitor dan dikalahkan untuk memperoleh dan memeprtahankan kesetiaan pelanggan kepada perusahaan yang bersangkutan. Cara terbaik bagi suatu perusahaan untuk menguasai atau memenangkan persaingan adalah :  dengan mengambil sudut pandangan pelanggan
  • Masyarakat Umum. kelompok yang mempunyai minat nyata atau yang masih terpendam atau yang memberikan dampak terhadap kemampuan organisasi untuk mencapai sasaran-sasaranya.


 2. Lingkungan Makro

      Lingkungan Kependudukan

     Para pemasar sangat berkepentingan pada :
  1. Besarnya penduduk dunia,
  2. Distribusi secara geografis,
  3. Tingkat kepadatan penduduk,
  4. Kecenderungan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain,
  5. Distribusi usia,
  6. Kelahiran,
  7. Perkawinan,
  8. Tingkat kematian,
  9. Ras,
  10. Suku bangsa,
  11. Struktur Keagamaan.
   Lingkungan Ekonomi

   Para pemasar perlu menyadari empat kecenderungan dalam lingkungan ekonomi, yaitu :
  1. Pendapatan
  2. Inflasi
  3. Tabungan kecil dan hutang membengkak
  4. Pola pengeluaran konsumen
   Lingkungan Fisik

   Para pemasar perlu menyadari ancaman-ancaman dan peluang yang berkaitan dengan          keempat kecenderungan besar dalam lingkungan fisik, yaitu :

  1. Kekurangan bahan mentah tertentu di masa datang
  2. Peningkatan biaya energi
  3. Kenaikan tingkat penceraman
  4. Campur tangan pemerintah yang kuat dalam Sumber Daya Alam
 Lingkungan Teknologi

Kekuatan yang paling dramatis yang membentuk nasib manusia adalah teknologi, karena teknologi telah menghasilkan :
  1.      Karya yang mengagumkan (contoh : Pembedah jantung),
  2.      Sesuatu yang mengerikan (contoh : bom hydrogen, senapan otomatis),
  3.      Berkah (contoh : mobil, video)

Lingkungan Politik/Hukum

Keputusan-keputusan pemasaran sangat dipengaruhi oleh perkembangan dalam lingkungan
politik/hokum. Lingkungan ini terbetuk oleh :
  1.           hukum-hukum,
  2.           lembaga pemerintah,
  3.      kelompok penentang.
d     Lingkungan Sosial/Budaya

Beberapa ciri kebudayaan dan kecenderungan minat mereka terhadap pemasar:
Nilai-nilai budaya pokok bertahan kuat, Setiap budaya mempunyai sub-budaya, Nilai-nilai
budaya sekunder berubah dari waktu ke waktu.

Sekian resume perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa, semoga bermanfaat bagi pembaca.
Terima Kasih,
Wassalam..








Komentar

Postingan Populer