Marketing Mix II
Assalamualaikum.
Pertemuan pada senin 24 maret 2014 dalam perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan. Dosen kami yang bernama Pak Amril melanjutkan materi marketing mix. Berikut penjelasan lanjutan mengenai marketing mix:
PEOPLE (ORANG)
- Employees (karyawan)
- Management (manajemen)
- Culture (budaya yang di kembangkan)
- Customer Service
Orang atau sumber daya adalah seseorang yang mewakili bisnis:
- Image yang mereka sajikan sangatlah penting
- Kontak pertama dengan manusia lain
- Memperluas pelatihan dan pengetahuan tentang produk / jasa yang bersangkutan
- Apakah misinya relevan?
- Apakah karyawan mewakili budaya yang dimilki oleh perusahaan?
PROCESS (PROSES)
- Terutama sangat relevan dengan industri jasa
- Bagaimana sebuah jasa di konsumsi? (menyangkut bagaimana cara orang- orang mengkonsumsi jasa, apa saja proses yang dilakukan untuk mendapatkan jasa tersebut, dimana mereka bisa mendapatkan jasa?)
PHSYCAL ENVIRONMENT (LINGKUNGAN FISIK)
Merupakan lingkungan fisik dimana jasa disampaikan, perusahaan jasa dan konsumennya berinteraksi dan setiap komponen yang berwujud memfasilitasi penampilan atau komunikasi jasa tersebut.
Lingkungan fisik meliputi:
- smart (kecerdasan)
- run-down (susunan acara)
- Interface (antarmuka)
- Comfort (kenyamanan)
- facilities (fasilitas)
The marketing mix -> Blend of the mix depends upon :
- Marketing objectives (tujuan pemasaran)
- Type of product (tipe produk)
- Target market (target pasar)
- Market structure (struktur pasar)
- Rival's behavior (perilaku pesaing)
- Global issues (isu global)
- Marketing position (posisi pemasaran)
- Product portofolio (portofolio produk)
Sekian resume perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan. semoga bermanfaat bagi pembaca.
Wassalamualaikum
Komentar
Posting Komentar