BRAND

Pertemuan pada senin 07 April 2014  dalam perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan. Dosen kami yang bernama Pak Amril memberikan materi tentang Brand. Berikut penjelasan  mengenai Brand:

"BRAND"

Brand atau Merek adalah suatu nama, simbol, tanda, desain atau gabungan di antaranya untuk dipakai sebagai identitas suatu perorangan, organisasi atau perusahaan pada barang dan jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk jasa lainnya.

Dalam membuat suatu Brand, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
  1. Apa produknya?
  2. Siapa yang menjadi pembeli? (Segmentasi Konsumen)
  3. Berapa harganya? (Semakin baik kualitas barang tentu diharapkan brand produk tersebut juga keren)
Ada beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai Brand:
  1. Nama perintis/ pendiri (Martha Tilaar)
  2. Berdasarkan tempat didirikan (Salemba Group)
  3. Tahun didirikan (BNI 46)
  4. Produk yang dijual+pemberian nama (Batik Keris)
  5. Produk yang dijual dirasa berbeda (Bakso gepeng, ayam lepas)
  6. Kata-kata tertentu yang menginspirasi (Dagadu)
  7. Nama buah (Apple, Blackberry)
  8. Simbol/ bentuk barang (Optik pasti lambangnya kacamata)
  9. Nama binatang (Puma)
  10. Nama Tumbuhan (Wipol= cemara)
Fungsi Brand:
  1. Sebagai identitas/ jati diri suatu produk.
  2. Sebagai pembeda produk satu dengan yang lainnya.

Sekian resume perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa, semoga bermanfaat bagi pembaca.
Terima Kasih,
Wassalam..

Komentar

Postingan Populer